Thursday, November 28, 2013

Mban...

"Mban..."
"dell..."
"hmmm.. :'("
"*puk-puk*"


begitulah awal percakapan saya kepada Jamban (panggilan akrabnya) atau Tuan Vandi atau @toiletcafe jika saya lagi dilanda kegalauan. hahaha.
saya kenal Jamban baru setahun, awalnya saya follow akun twitter dia. pertama kenal belum terlalu akrab, tapi lama kelamaan, saya mendapatkan teman baru yang mana juga followers dia.

lama kelamaan kami menjadi akrab, dan keakraban itu semakin kuat disaat kami membuat grup di Line yang bernama #Indehoy dimana ada Arie dan Adyn juga, kebetulan Budi sempat join ke grup #Indehoy walau sebentar. dan juga saya mempunyai banyak teman lagi di grup @musicianunited , berkat Jamban sering komen dan bully saya di twitter. :D

entahlah, saya kenal Jamban ini sosok yang sangat sederhana. dia sering saya marah-marahin kalo lagi kesel, yeah, dia memang menyebalkan, tapi dia bener-bener sabar ngehadapain sikap saya yang labil ini. dia selalu punya waktu untuk mendengarkan semua keluhan-keluhan saya, sampai subuh pun dia rela nemenin dan nenangin saya yang waktu itu dalam keadaan putus asa walaupun hanya lewat chat. dan yang paling bikin saya bener-bener merasa kehilangan, kalo dia tidak pernah bosan dan menghindar dari segala curhatan saya.

"Mban, lo pasti bosen yah ngeladenin gue curhat mulu? :("
"biasa aja, lo kali yang bosen curhat ama gue :p"

nyebelin kan? :D

sampai suatu saat, saya mulai bertanya soal perbedaan Rela dan Ikhlas ke dia, entah, pertanyaan-pertanyaan saya saat itu mulai menjurus lebih religius, mungkin saya mulai bosan untuk mengeluh dan curhat tentang cinta-cintaan lagi, hahaha.


..seperti itulah percakapan kami, saya belajar banyak tentang hidup sama Jamban. bagaimana harus lebih terbuka, jujur pada diri sendiri, berusaha selalu berpikir positif, woles, gak ribet, dan masih banyak lagi. saya jadi tambah merasa begitu dekat sama Jamban\, padahal saya belum pernah bertemu dengan dia.

Minggu, 24 November 2013, Jamban tiba-tiba meminta saya untuk mengcover satu lagu yang dia suka.


saya langsung download lagu tersebut, dan setelah dengar lagunya, lumayan susah, secara saya bukan penyanyi profesional. saya bilang ke dia, pasti saya bikin covernya, tapi belum tau kapan. karena yang saya tau Jamban tidak minta buru-buru.

tiba-tiba rasa penyesalan itu datang ke saya, Selasa, 26 November 2013 tepat pukul 23:00 saya menerima sebuah pesan singkat dari adiknya Jamban, dia mengirim pesan lewat kontak Jamban, dia memberi kabar pada saya bahwa Jamban telah meninggal dunia, saya kaget hampir tidak percaya, karena Jamban gak pernah ngasih tau tentang penyakitnya, dia gak pernah ngeluh apapun tentang sakitnya. sampai saya telusuri sumber yang benar-benar akurat. setelah dapat info yang nyata, ternyata memang Jamban benar-benar pergi, oh, bukan pergi, tapi dia pulang ke rumah yang sebenarnya rumah. bukan saya saja yang sedih, semua kehilangan sosok Jamban. mereka punya kisah masing-masing dengan Jamban walaupun sebagian besar belum pernah bertemu sama sekali.

nyebelin yah, ah...saya gak tau harus bilang apa lagi tentang perasaan saya, yang jelas.. saya benar-benar kehilangan dia, Jamban.

selamat jalan, Jamban. kepulanganmu telah meninggalkan jejak kenangan dan pelajaran yang indah di hati kami. sampai bertemu lagi yah. :D

 "ok"
"sip"
"paan c"
"alay"
"ribet"
"bye"
"gih"
"yoi"

Muhammad Arfandi. 26 April 1980 - 26 November 2013

beberapa Video kenangan kami teruntuk @toiletcafe (Jamban)


...dan tulisan tentang Jamban yang lainnya:

No comments:

Post a Comment